Dapodik 3.00 Direlease Setelah Lebaran Tahun Ini

Dapodik 3.00 akan segera hadir pada akhir Juli 2014. Sehingga, jika sampai pada waktunya nanti, para operator wajib mengganti aplikasi yang saat ini berjalan, baik Dapodik versi 2.07 maupun 2.08. Pada Dapodik 3.00 nanti, akan ada perbedaan sistem database dengan aplikasi yang sekarang.
Terlepas dari itu, operator akan memiliki tugas perubahan data Dapodik, yaitu input peserta didik baru dan mengeluarkan peserta didik yang telah lulus. Hal yang perlu diingat adalah tanggal awal masuk sekolah dan tanggal kelulusan siswa
Mengapa demikian? Tanggal masuk akan menjadi tanggal yang harus diisikan pada kolom tanggal diterima. Kemudian tanggal keluar akan diisikan pada tanggal keluar siswa yang lulus.
Kembali lagi kabar kepastian releasnya Dapodik 3.00, pihak Kemdikbud melalui Bp. Yusuf Rohmad mengatakan
Saat ini kami sedang melakukan uji coba komperhensif baik dari segi fungsionalitas maupun kapasitas, agar aplikasi semangat satu data ini benar2 robust dan tangguh.
insyaallah pasca lebaran qt release.
Salam satu data berkualitas
Kemudian, ada beberapa artikel yang memberikan sedikit gambaran tampilan Login pada Dapodik 3.00. Berikut tampilanya.
Secara mendasar, tidak ada tampilan berubah secara signifikan. Hanya gradasi warna yang membedakan. Sampai saat ini, tentu kita semua juga belum tahu seperti apa tampilan dasboardnya.


Fitur Dapodik 3.00 memiliki perbedaan dalam hal struktur databasenya, jadi jika kita memiliki backup data dengan versi sebelumnya, kemungkinan akan mengalai eror. Yang pasti kita percaya jika putra putri Indonesia telah mendesain aplikasi ini sedemikian rupa, sehingga setiap permasalahan eror dan sebagainya akan cepat ditemukan solusi. Mudah-mudahan ini bukan menjadi kendala seluruh operator sekolah, melainkan menjadi motivasi untuk  mengolah data sebaik mungkin.
Untuk link downloadnya, disini.
Dapodik 3.00 mudah-mudahan semakin mempermudah kerja Operator Sekolah.


Postingan terkait:

Belum ada tanggapan untuk "Dapodik 3.00 Direlease Setelah Lebaran Tahun Ini"

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.