Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Cara Mengatasi Kesalahan "Kode Registrasi tidak Ditemukan" pada Dapodik 3.00

Artikel terkait : Cara Mengatasi Kesalahan "Kode Registrasi tidak Ditemukan" pada Dapodik 3.00

Dapodik 3.00
Pengalaman dalam mengatasi kesalahan Kode Registrasi tidak Ditemukan pada Aplikasi Dapodik 3.00 ini mungkin akan bermanfaat untuk-rekan operator. Tanggal 6 Agustus 2014, saya melakukan instalasi Dapodik 3.00, setelah sebelumnya melakukan unsintalasi Dapodik versi 2.08. Kemudian pada saat melakukan registrasi, ternyata terjadi kesalahah Kode Registrasi tidak Ditemukan. Berulang kali saya cek kode registrasi, tidak ada yang salah. Folder prefill juga sudah saya buat. Saya putus asa, dan saya tinggalkan Aplikasi Dapodik 3.00 untuk beberapa waktu.
Entah karena alasan apa, malam ini saya mencoba membuka aplikasi Dapodik 3.00. Satu langkah utama adalah melakukan generate prefill di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill. Kemudian kita membuat folder prefill_dapodik. Langkah inilah yang menjadi kesalahan saya. Saat membuat folder prefill_dapodik, terjadi kesalahan menulis. Seharusnya prefill_dapodik, namun saya menulis prefil_dapodik. Ada kekurangan satu huruf l. Dan itu yang menyebabkan terjadinya kesalahah Kode Registrasi tidak Ditemukan.
Dapodik 3.00
Setelah saya ubah, akhirnya berhasil  juga. Dan siap untuk menjalakan aplikasi Dapodik 3.00. Sebenarnya kesalahan kecil, namun akan berakibat fatal.
Beberapa kemungkinan lain penyebab kesalahan ini adalah:

  1. Kesalahan ketika input kode registrasi yang diperoleh dari dinas pendidikan setempat. Terkadang terjadi salah baca, huruf 0 dibaca o atau sebaliknya, huruf I dibaca 1 dan sebaliknya. Mohon dicermati.
  2. Tidak membuat folder prefill_dapodik pada komputer C, maupun salah menulis nama folder. ( Seperti yang saya alami).
  3. Prefill sudah expired. Silahkan perbarui prefill di http://dapo.dikdas.kemdikbud.go.id/laman/prefill, silahkan unduh, kemudian copy paste di folder C/prefill_dapodik.
  4. Kesalahan prefill dari pusat. Ini sedikit lebutuh waktu untuk menyelesaikannya. Namun perlu dicoba untuk berkonsultasi ke pusat, melalui email: infopendataan.dikdas@gmail.com, sekretariat.dikdas@gmail.com , dan  pendataandikdas@gmail.com
Nah, artikel Dapodik 3.00 ini mudah-mudahan pengalaman diatas membantu rekan operator.. Intinya, ikuti petunjuk dengan cermat dan teliti. Salam satu data.

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

2 komentar:

  1. Hatur nuhun kang

    ReplyDelete
  2. cara memperbaiki kesalahan profil bagaimana yah

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz