Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Daftar Istilah Dalam Aplikasi Dapodik 3.00

Artikel terkait : Daftar Istilah Dalam Aplikasi Dapodik 3.00

Dapodik 3.00
Aplikasi Dapodik 3.00 telah direlease bulan Austus 2014 kemarin. Hampir semua operator sekolah sudah melakukan instalasi ini. Namun, dalam proses penggunaanya, terkadang kita menemukan istilah yang mungkin kurang di pahami. Kali ini saya membagikan kamus kecil istilah dalam Dapodik 3.00.
  1. Backup adalah Proses  membuat  salinan  data  sebagai  cadangan  saat  terjadi  kehilangan  atau kerusakan data  asli.  Salinan  data  yang  dibuat  disebut  dengan  “data  backup”.  Manfaat dari  proses  backup diantaranya,  mengembalikan  kondisi  suatu  sistem  komputer  yang mengalami  kerusakan  atau kehilangan  data,  mengembalikan suatu file yang tanpa sengaja terhapus atau juga rusak.
  2. Blockgrant adalah Pemberian  bantuan  dana  untuk  melaksanakan  suatu  kegiatan tertentu,  baik dalam  bidang  pendidikan,  pembangunan  sosial politik, hukum atau pembangunan aspek lainnya dengan tujuan untuk mempercepat laju pembangunan.
  3. Dapodikdas adalah Data  pokok  pendidikan  dasar;  Aplikasi  data  pendidikan  yang digunakan  untuk  menjaring  data  pendidikan  tingkat  dasar  (SD dan SMP).
  4. Data Periodik adalah  Data  menurut  periode  tertentu;  muncul  atau  terjadi  di  selang waktu yg tetap; data berkala (contoh pengisian di tabel peserta didik terdapat data periodik siswa yang berisi data tinggi badan, berat badan, jarak rumah ke sekolah, dan lain-lain).
  5. Data Turunan  adalah Data anak; data-data lain yang mengacu atau menggunakan data induknya. 
  6. Drag n Drop  adalah  Gerakan perangkat penunjuk di mana pengguna memilih objek virtual  dengan  "meraih"  dan  menyeretnya  ke  lokasi  yang berbeda (dalam hal ini dari tabel satu ke tabel lain). Contoh drag n drop adalah pada saat pengisian anggota rombel. 
  7. Generate Prefill adalah  Sebuah proses  yang berguna sebagai back up database dapodik yang diambil dari server dapodik.  Hasil generate prefill diambil dari hasil sinkronisasi terakhir dari sekolah yang ditarik ke dalam file database persekolah (bentuk file *.prf).
  8. GTT/PTT  adalah Guru Tidak Tetap/ Pegawai Tidak Tetap. 
  9. GTY/PTY  adalah Guru Tetap Yayasan/ Pegawai Tetap Yayasan. 
  10. Inpassing  Proses  adalah penyesuaian  kepangkatan  Guru  Bukan  Pegawai  Negeri Sipil dengan kepangkatan Guru Pegawai Negeri Sipil.
  11. KGB/ Kenaikan Gaji Berkala  adalah Kenaikan gaji yang diberikan kepada pegawai negeri sipil yang telah  mencapai  masa  kerja  golongan  yang  ditentukan  untuk kenaikan  gaji  berkala  yaitu  setiap  2  (dua)  tahun  sekali  dan apabila  telah  memenuhi  persyaratan  berdasarkan  peraturan perundang-undangan  yang  berlaku.  Pengisian  KGB  dapat ditemukan pada tabel Rincian Data PTK. 
  12. Kode Registrasi  adalah “kunci”  untuk  memuat/  mengaktivasi  data  sekolah.  Kode  registrasi  akan  dibagikan  oleh  KKDATADIK  masing-masing daerah.  Pastikan  Anda  menggunakan  kode  registrasi  sekolah Anda  sendiri  dan  tidak  membagi/memberitahu  kode  ini  pada pihak  yang  tidak  berkepentingan.Kode  Registrasi  digunakan pada saat registrasi awal di aplikasi (aktivasi).
  13. KPS  (Kartu  Perlindungan  Sosial) adalah  Kartu  yang  diterbitkan  oleh  Pemerintah  Indonesia  dalam  rangka  Program  Percepatan  dan Perluasan  Sosial  (P4S).  Dengan  memiliki  KPS,  rumah  tangga berhak menerima program-program perlindungan sosial, seperti Raskin  dan  Bantuan  Siswa  Miskin  (BSM),  sesuai  dengan ketentuan  yang  berlaku  hingga  tahun  2014.  KPS  memuat informasi  Nama  Kepala  Rumah  Tangga,  Nama  Pendamping Kepala  Rumah  Tangga,  Nama  Anggota  Rumah  Tangga,  Alamat Rumah Tangga, dilengkapi dengan kode batang beserta nomor identitas  KPS  yang  unik.  Bagian  depan  bertuliskan  Kartu Perlindungan Sosial dengan logo burung Garuda.
  14. MBS  Manajemen  Berbasis  Sekolah adalah Penyerasian  sumber  daya  yang dilakukan secara mandiri oleh sekolah dengan melibatkan semua kelompok  kepentingan  (stakeholder) yang  terkait  dengan sekolah secara langsung dalam proses pengambilan keputusan untuk memenuhi  kebutuhan  peningkatan  mutu  sekolah  atau untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.
  15. PD  Peserta didik :siswa; murid.
  16. Prefill  Data  hasil  kiriman  ke  server  dari  sekolah-sekolah  di  semester yang  lalu  yang kemudian  data  tersebut  di  package  ulang sehingga ketika login di aplikasi yang baru sekolah hanya tinggal mengentri  data  peserta  didik  baru,  pemetaan  rombel,  dan melengkapi data yang belum terisi pada aplikasi sebelumnya.
  17. PTK  Pendidik dan Tenaga Kependidikan; guru; pengajar.
  18. Push Data Sinkronisasi  Proses memasukkan hasil data balasan dari server pusat melalui sinkronisasi offline ke dalam aplikasi Dapodikdas.
  19. Restore  :Mengembalikan atau menerapkan kembali data yang tersimpan (di backup) di komputer ke dalam aplikasi Dapodikdas. 
  20. Rombel  Rombongan belajar; kelas. 
  21. Sinkronisasi  adalah Fasilitas  yang  terdapat  pada  aplikasi  Dapodikdas  untuk mengirimkan  data dari  pengguna  (operator  sekolah)  ke  server pusat (Dapodikdas).
  22. TMT Terhitung Mulai Tanggal
  23. TST  Terhitung Selesai Tanggal 
  24. Validasi  Fasilitas  di  dalam  aplikasi  Dapodikdas  yang  bertujuan  untuk memberi tanda data yang masuk kriteria invalid  (kelengkapan,  kewajaran dan kebenaran) data.
Demikian kamus kecil untuk aplikasi Dapodik 3.00, semoga bermanfaat untuk operator sekolah.

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz