Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Fitur Baru: Dashboard Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Mari Dibuka

Artikel terkait : Fitur Baru: Dashboard Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK), Mari Dibuka

Dashboard Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) merupakan layanan terbaru yang menampilkan data secara agregat dari total data dan  Pendidik Tenaga Kependidikan yang berdasarkan sumber dari Data Pokok Pendidikan atau disingkat Dapodik. Dapodik adalahsebuah sistem pendataan bidang pendidikan secara  online untuk mengelola data pokok pendidikan dalam skala nasional yang meliputi satuan pendidikan, peserta didik ( PD), pendidik dan tenaga kependidikan (PTK)  yang dilakukan oleh unit utama yang terdiri atas PAUDNI, DIKDAS, DIKMEN, dsb.
Data agregat PTK tampil dalam format grafik dan tabel sebagai data detail yang dirangkum berdasar wilayah (nasional, provinsi, atau kabupaten/kota). Diharapkan, dengan dibukanya Dashboard PTK ini bisa memberikan gambaran secara umum keadaan data PTK di Indonesia.
Standar PTK
Pendidik haruslah memiliki kualifikasi akademik dan kompetensi sebagai agen pembelajaran, sehat jasmani rohani, dan memiliki kemampuan dalam mewujudkan/mencapai tujuan pendidikan nasional.
Kualifikasi akademik yang dimaksud disini adalah tingkat pendidikan minimal yang harus dipenuhi oleh pendidik yang dibuktikan dengan ijazah dan/atau sertifikat keahlian yang relevan sesuai ketentuan perundang-undangan yang berlaku.
Kompetensi sebagai agen pembelajaran pada jenjang pendidikan dasar dan menengah serta pendidikan anak usia dini meliputi:
* Kompetensi pedagogik; 
* Kompetensi kepribadian; 
* Kompetensi profesional; dan 
* Kompetensi sosial.
Pendidik meliputi pendidik pada TK/RA, SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA, SDLB/SMPLB/SMALB,
Dashboard PTK
SMK/MAK, satuan pendidikan Paket A, Paket B dan Paket C, dan pendidik pada lembaga kursus dan pelatihan.

Tenaga kependidikan meliputi kepala sekolah/madrasah, pengawas satuan pendidikan, tenaga administrasi, tenaga perpustakaan, tenaga laboratorium, teknisi, pengelola kelompok belajar, pamong belajar, dan tenaga kebersihan.
Itulah sekilas gambaran tentang Dashboard Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK). Semoga bermanfaat.

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz