Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Tunjangan Sertifikasi Cair Tanggal 9-16 April 2015, Pastikan Buku Rekening Masih Aktif

Artikel terkait : Tunjangan Sertifikasi Cair Tanggal 9-16 April 2015, Pastikan Buku Rekening Masih Aktif

Tunjangan sertifikasi akan cair pada sekitar tanggal 9-16 April 2015, sehingga diharapkan  guru calon penerima untuk mengecek rekening masing-masing, memastikan dalam kondisi aktif. Demikian informasi dan himbauan dari Direktur P2TK Dikdas Kemdikbud Sumarna Surapranata.

Mengapa harus dicek? Banyak sekali guru yang membuka rekening tabungan khusus untuk menampung dana pencairan TPG. Dan  etika saldo tersisa sedikit, kemudian TPG baru cair beberapa bulan berikutnya, rekening bisa ditutup otomatis oleh sistem bank tersebut. Maka dari itu, untuk antisipasi masalah yang demikian, maka guru-guru penerima TPG diharapkan untuk mulai mengecek status rekening tabungannya.

Sumarna Surapranata juga menyampaikan banyak hal berkaitan dengan proses penyaluran TPG pada tahun 2015, diantaranya adalah mengenai membengkaknya anggaran untuk membayar tunjangan profesi guru ( TPG). Tahun 2014 yang lalu, anggaran untuk pembayaran TPG melalui transfer daerah (bagi PNSD ) sekitar Rp 60,5 triliun.
Tahun 2015 ini, alokasi itu meningkat menjadi Rp 70,2 triliun. Sedangkan untuk anggaran di Kemdikbud hanya Rp 6,2 triliun. Dan tidak bisa dipungkiri lagi, bahwa alokasi anggaran untuk TPG paling besar adalah yang disalurkan ke daerah langsung.

Beliau juga menambahkan bahwa anggaran TPG yang  melalui transfer daerah untuk membayar tunjangan bagi guru-guru PNS. Sedangkan anggaran TPG yang dikelola oleh Kemendikbud untuk membayar TPG non-PNS atau guru swasta dan guru bantu. Untuk penyebab kenaikan  anggaran TPG ini banyak penyebabnya. Diantaranya adalaha bertambahnya jumlah penerima dan adanya kenaikan gaji pokok guru PNS berkala.

Pranata mengharapkan agar mekanisme pencairan TPG 2015 ini bisa tepat waktu, jumlah serta sasaran penerimanya. Dan dari semua total anggaran yang akan ditransfer ke pemerintah daerah, disalurkan melalui 4 tahapan.

Untuk pencairan TPG tahap 1, dipakai untuk membayar rapelan. TPG untuk periode Januari-Maret 2015 diperkirakan akan cair pada tanggal 9-16 April 2015. Dan saat ini yang sedang berjalan, Direktorat P2TK Dikdas Kemdikbud sedang memproses penerbitan SKPT ( Surat Keputusan Pencairan Tunjangan) bagi PNS maupun SKPT Non PNS 2015. Dan tahun ini akan berlaku regulasi baru mengenai pencaiiran TPG dari Kementerian Keuangan kepada pemerintah daerah/kota.

Pencairan tahap pertama dipakai untuk membayar rapelan TPG periode Januari–Maret. Diperkirakan pencairan periode pertama itu berjalan antara 9–16 April 2015. Dan pada aat ini, Direktorat P2TK Kemendikbud masih mempersiapkan penerbitan surat keputusan pencairan tunjangan (SKPT). Mulai tahun ini, diberlakukan regulasi baru untuk pencairan TPG dari Kemenkeu ke pemkab atau pemkot.

Pranata juga menginformasikan mengenai regulasi pencairan TPG, regulasinya adalah sebagai berikut, pemerintah daerah kabupaten/kota wajib untuk melaporkan sejauh mana progres pencairan pada setiap tahapan. Jika tidak melaporkan, maka transfer dana tahap selanjutnya akan ditunda. Hal ini bertujuan untuk menghindari kemungkinan adanya penimbunan uang TPG didaerah.

Jika pada praktiknya nanti TPG tidak  segera cair cair, Pranata menyampaikan juga  harus dicari titik permasalahannya. Apakah status gurunya yang bermasalah, atau ada faktor-faktor lain. Tapi menurut Pranata, yang sering terjadi adalah masalah sepele. Yaitu, rekening guru penerima TPG sudah mati, sehingga harus membuat rekening baru.
Untuk mengecek Surat Keputusan Pencairan Tunjangan, silahakn cek melalui beberapa link alternatif dibawah ini:
Demikian informasi mengenai pencairan TPG periode Januari-Maret 2015, dimana kemungkinan Tunjangan sertifikasi akan cair pada sekitar tanggal 9-16 April 2015.

Sumber: Kalitm Pos

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz