Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Kartu Indonesia Pintar ( KIP) adalah Penyempurnaan BSM

Artikel terkait : Kartu Indonesia Pintar ( KIP) adalah Penyempurnaan BSM

Kartu Indonesia Pintar - Pemerintah betul-betul memperhatikan anak Indonesia untuk mengakomodir kebutuhan pendidikan bagi anak usia sekolah yang dianggap tidak mampu dari sisi ekonomi. Salah satu programnya, Program Indonesia Pintar memberikan bantuan uang tunai untuk pendidikan, yang diberi nama Kartu Indonesia Pintar atau disingkat KIP. KIP merupakan program  bantuan tunai pendidikan yang diberikan kepada anak usia sekolah namun berasal dari keluarga yang dipandang kurang mampu secara ekonomi. Program ini   merupakan   penyempurnaan Program Bantuan Siswa Miskin (BSM) yang sebelumnya pernah ada.
Program Indonesia Pintar dengan KIP sebagai fasilitasnya dalam penyelenggaraannya dilakukan oleh 2 lembaga kementerian, yaitu Kemendikbud dan Kementerian Agama (Kemenag). 


Secara fisik, KIP menjadi bukti atau identitas jaminan dan kepastian bagi semua anak usia sekolah yang berasal dari keluarga kurang mampu secara ekonomi dan telah terdaftar sebagai penerima bantuan baik secara jalur pendidikan formal (SD s/d SAM) maupun dengan melalui pendidikan informal dan non formal.
Beberapa manfaat dari Kartu Indonesia Pintar ( KIP) ini adalah:

  1. Menghilangkan hambatan yang dialami siswa secara ekonomi dalam partisipasinya di sekolah sehingga sehingg bisa merasakan layanan pendidikan yang lebih baik, dari jenjang SD sampai SMA sederajat.
  2. Meminimalisir kemungkinan akan putus sekolah.
  3. Menarik kembai anak/siswa yang putus sekolah supaya bisa kembali bersekolah.
  4. Membantu  para siswa yang kurang mampu dalam memenuhi kebutuhan kegiatan pembelajaran.
  5. Mendukung program pemerintah yang lain, yaitu penuntasan Wajib Belajar Pendidikan Dasar 9 Tahun  dan   Wajib Belajar 12 tahun (Pendidikan Menengah Universal)
Syarat agar bisa menerima Kartu Indonesia Pintar ( KIP) adalah sebagai berikut:
  1. Penerima bantuan BSM dari keluarga yang menjadi pemegang KPS yang sudah ditetapkan dalam SP2D 2014;
  2. Siswa yag berasal dari keluarga pemegang KPS/KKS namun belum ditetapkan sebagai Penerima  BSM dan belum menerima BSM
  3. Siswa dari peserta PKH (Program Keluarga Harapan)
  4. Siswa yatim/ yatim piatu yang tinggal di Panti Asuhan
  5. Siswa yang terancam akan putus sekolah yang disebabkan kesulitan ekonomi dan/atau korban musibah berkepanjangan/ bencana alam melalui FUS/FUM;
  6. Siswa atau santri dari Pondok Pesantren ( Ponpes) yang mempunyai  KPS/KKS yang  melalui jalur FUM;
  7. Anak usia sekolah yang belum bersekolah atau sudah tidak bersekolah tetapi datanya telah dapat direkapitulasi pada Semester 2 Tahun Aajaran 2014/2015
Besaran batuan tunai program Kartu Indonesia Pintar ( KIP) yang akan disalurkan bagi calon penerima adalah sebesar Rp225.000 per semester (Rp450.000/ tahun), untuk tingkat SMP/MTs Rp375.000 per semester Rp750.000 tiap tahun  dan pada tingkat SMA sederajat sebesar Rp500.000 per semester  (Rp1.000.000 tiap tahun). Kemudian bagi siswa yang akan lulus, yaitu kelas 6, 9 dan   12 hanya akan menerima manfaat  1 semester saja.
Bantuan tunai yang diberikan bisa digunakan untuk mendukung biaya pendidikan lain, utamaynya kebutuhan dalam belajar, diantaranya untuk pembelian:
  • Buku dan ATK/alat tulis sekolah
  • Pakaian/seragam dan alat perlengkapan sekolah (tas, sepatu, dll)
  • Biaya transport ke sekolah. 
  • Uang saku siswa atau iuran bulanan siswa
  • Biaya kursus/les tambahan
  • Keperluan lain yang tetap berkaitan dengan kebutuhan pendidikan  sekolah.
Untuk layanan pengaduan penggunaan KIP bisa mengunjungi laman http://pengaduanpip.kemdikbud.go.id/index.php.
Mengenai layanan Verifikasi Kartu Indonesia Pintar, untuk saat ini belum bisa login, meskipun web tersebut bisa diakses. Tidak ada salahnya jika kita mau memahami langkah mudah untuk login verifikasi Kartu Indonesia Pintar. Langkahnya adalah sebagai berikut:
  1. Klik link http://pip.kemdikbud.go.id/vip/index.php. Tunggu beberapa saat. Maka akan muncul tampilan seperti gambar ini.
    Kartu Indonesia Pintar ( KIP)

  2. Masukkan username dan paswordnya. Tunggu sampai login berhasil.
  3. Alternatif login kedua yaitu dengan  fasilitas Single SignOn Dapodikdas ( SSO). Artinya kita bisa login dengan menggunakan login sesuai username dan pasword Dapodikdas. Seperti gambar dibawah ini.
    Kartu Indonesia Pintar ( KIP)
    Add caption
Ituah cara mudah login layanan verifikasi KIP. Selamat mencoba.
Demikian informasi seputar Kartu Indonesia Pintar, yang merupakan penyempurnaan dari Bantuan Siswa Miskin.  [Portalsekolah.net]

Sumber informasi: KIP

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz