Cara Mudah Edit Nama Tanggal Lahir Siswa melalu Verval PD

Berita kali ini menginformasikan bagamana cara edit nama dan tanggal lahir siswa yang mengalami kekeliruan melalui layanan Verval PD. Fitur aplikasi Dapodikdas terbaru ini mengunci data individu  siswa, mulai dari nama, tanggal lahir, jenis kelamin dan nama ibu kandung. Sehingga, perbaikan data individu siswa tersebut tidak dilakukan langsung pada aplikasi lokal Dapodikdas.
Nah, untuk melakukan perbaikan data tersebut, maka dilakukan melalui verval PD yang diakses melalui http://vervalpd.data.kemdikbud.go.id.
Lalu bagimana cara Edit Data, Pengajuan perbaikan data individu Peserta didik pada verval PD?

Cara Mudah Edit Nama Tanggal Lahir Siswa melalu Verval PD

Perlu diketahui oleh operator sekolah, Sub Menu pada pengajuan perbaikan terhadap data individu para peserta didik tahun 2015 telah mengikuti perkembangan pembaharuan Dapodikdas dan Dapodikmen, dimana setiap sekolah melalui OPS diberikan kesempatan dalam memperbaiki kekeliruan data peserta didik mulai dari Tanggal Lahir  PD, Tempat Lahir PD, Jenis Kelamin, dan Nama Ibu Kandung.
Dan beberapa hal yang wajib dipahami oleh OPS dalam melakukan edit data dalam Pengajuan perbaikan data individuPD pada vervalPD adalah sebagai berikut:
  1. Kolom isian wajib diisi atau dilengkapi seluruhnya, tidak diperbolehkan ada kolom yang kosong
  2. Perbaikan data diharuskan sesuai dengan data yang tercantum dalam berkas pendukung (akte kelahiran tanda kenal lahir yang discan berformat pdf berukuran makimal 2 Mb)
Hasil edit data untuk Pengajuan perbaikan terhadap data individu PD nantinya akan mengupdate atau memperbarui data Dapodikdas / Dapodikmen yang akan turun juga kedalam data localhost.

Proses perbaikan data individu peserta didik ini diproses dalam waktu 2 x 24 jam. Sehingga setelah dalam jangka waktu tersebut, OPS bisa mengecek proses perbaikan data, dan setelah disetujui dan data mengalami perubahan, data bisa diturunkan ke aplikasi localhost Dapodikdas.
Demikian cara edit nama dan tanggal lahir siswa yang mengalami kekeliruan melalui layanan Verval PD, semoga bermanfaat.

Postingan terkait: