Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Dana Bantuan Penulisan PTK Guru SD, SMP, SMA dan SMK 2016 Sebesar Rp 8.000.000,-

Artikel terkait : Dana Bantuan Penulisan PTK Guru SD, SMP, SMA dan SMK 2016 Sebesar Rp 8.000.000,-

Begitu besarnya perhatian pemerintah terhadah kemajuan dunia pendidikan, sehingga banyak program yang dikuncurkan oleh pemerintah melalui Kemdikbud untuk menunjangn kemajuan pendidikan di Indonesia. Termasuk dalam penyusunan PTK atau singkatan dari Penelitian Tindakan Kelas. Pemerintah siap memberi bantuan dana 8.000.000 untuk bantuan penulisan PTK 2016. Bantuan ini diperuntukkan bagi guru SD, SMP, SMA dan SMK
Puslitjakdikbud Balitbang Kemdikbud  kembali mengadakan sebuah program, Program Bantuan PTK dengan nominal 8 juta rupiah bagi guru disemua tingkat satuan pendidikan dengan maksud untuk memotivasi guru dan untuk pembuktian bahwa guru bisa menghasilakn sebuah karya ilmiah dalam bentuk PTK. Hal tersebut sesuai dengan evaluasi Puslitjak yang mampu menangkap sinyal bahwa bantuan ini benar-benar bermanfaat bagi guru yang ingin membuat PTK.
Puslitjakdikbud merasa  perlu untuk mengadakan kembali  kerjasama penelitian tindakan kelas bagi guru dengan  mekanisme  pemberian  dana bantuan  penelitian  yang berjumlah 8 juta agar  hasil penelitian  guru  tersebut  bisa bermanfaat  bagi  sekolah,  orang tua, masyarakat,  dunia  industri  & dunia  usaha,  organisasi profesi, dinas pendidikan, dan kementerian pendidikan.
Bantuan 8 Juta Rupiah untuk Pembuatan Penelitian PTK Guru SD, SMP, SMA dan SMK 2016
Download Petunjuk Penulisan PTK Guru SD, SMP, SMA dan SMK 2016.pdf

Tujuan Bantuan Penulisan PTK  Guru SD, SMP, SMA dan SMK 2016

Tujuan dari bantuan pembuatan PTK ini antara lain:
  1. Upaya peningkatan mutu  isi,  masukan,  proses,  dan  hasil  PBM di sekolah (SD, SMP, SMA/SMK). 
  2. Memberi bantuan guru  dan  tenaga  kependidikan lain dalam mengatasi  masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam maupun luar kelas.
  3. Untuk peningkatan sikap profesional pendidik dan tenaga kependidikan. 
  4. Memberikan  kesempatan untuk guru  melakukan  PTK  yang  sekaligus dapat  dijadikan  dasar memperoleh  angka  kredit  untuk  menunjang kenaikan  pangkat dalam jabatan profesional guru.

Ketentuan Bantuan Penulisan PTK Guru SD, SMP, SMA dan SMK

Dan berikut ini adalah  beberapa ketentuan Bantuan Pembuatan Penelitian PTK Guru SD, SMP, SMA dan SMK
  1. Peserta semua  guru  SD,  SMP,  dan  SMA/SMK  negeri/swasta dalam lingkup Negara Kesatuan Republik Indonesia
  2. Diutamakan guru  yang  BELUM  mencapai  pangkat/golongan  IVB  yang  disertai surat  dari Kepala  Sekolah  dan  belum  pernah menerima  program  bantuan  pelaksanaan PTK Puslitjakdikbud. 
  3. Karya  PTK  belum  pernah  diikutsertakan  dalam  lomba  sejenis  baik  secara  nasional dan internasional. 
  4. Peserta  yang  pernah  mendapatkan  bantuan ini mengikuti  kembali  program  ini  dengan persyaratan  topik  usulan  yang  diajukan berbeda dari tahun sebelumnya. 
  5. Jika  status  guru  dalam  pelaksanaan  penelitian  sebelumnya  adalah  guru  sekolah  yang menjadi objek penelitian dan kemudian dipromosikan/dimutasikan ke sekolah  lain  ataupun menjadi  status  lain  selain  guru  (misalnya:  pindah  sekolah  atau  menjadi kepala sekolah), maka untuk selanjutnya dalam pertanggungjawaban baik  penyelesaian  hasil  penelitian, seminar  dan  administrasi  akhir,  adalah  tetap  guru  yang  bersangkutan  yang  telah menerima  pendanaan  program  bantuan  penulisan  PTK dari Puslitjakdikbud.
  6. Peserta  yang  tidak  berhasil  memenuhi  luaran  (output)  yang  dijanjikan  pada  proposal akan dikenai sanksi, yaitu  harus mengembalikan seluruh biaya yang telah 
  7. diterima,  dan  yang  bersangkutan  tidak  akan  diikutsertakan  lagi  dalam  kegiatan Puslitjakdikbud.
  8. Jika  peserta  yang  telah  diterima  usulan  penelitiannya  oleh  Puslitjakdikbud,  dan  tidak dapat  mengikuti  tahapan  selanjutnya  (bimbingan  teknis  dan  seminar  regional)  dengan alasan  diluar  kemampuan  yang  bersangkutan  (force  majeur)  maka  peserta  yang bersangkutan  diminta  hadir  di  kantor  Puslitjakdikbud  pada  waktu  tertentu  atas  biaya transportasi  sendiri  untuk  mempresentasikan  hasil  PTKnya.
  9. Pelaksanaan  PTK  akan  dikoordinasikan  oleh  Puslitjakdikbud,  Balitbang,  Kemendikbud.

Tema/Topik Penulisan PTK PTK Guru SD, SMP, SMA dan SMK 2016

Topik  PTK  adalah merupakan  model  pembelajaran dalam upaya meningkatkan  prestasi  belajar siswa  bernuansa  a) quantum  teaching,  b) quantum  learning,  c) contextual  learning,  d) integrated curriculum,  dan  e) competency  based  curriculum  yang  semua  berorientasi  pada kepentingan siswa. Dalam  hal  ini  topik  PTK yang disusun tidaklah  sama  artinya  dengan  judul.  Berdasarkan pada  topik  tersebut , guru dapat  mengembangkan  judul-judul  sepanjang  itu tidak menyimpang dari topik tersebut.
Bantuan 8 Juta Rupiah untuk Pembuatan Penelitian PTK Guru SD, SMP, SMA dan SMK 2016

Sistematika Penulisan Proposal PTK

Setiap  guru  yang  akan  mengikuti kegiatan  ini  diharapkan  mengirim  proposal  PTK dengan jumlah  antara 15  s.d.  20  halaman, spasi 1,5 dan jenis huruf dalam pengetikan Times  New  Roman dengan  menggunakan  kertas A4  (297  x  210  mm)  dengan  margin kiri 3 cm, kanan 2,5 cm, atas 2,5 cm dan bawah 3 cm.
Lembar Cover
Memuat  judul  proposal  (lihat  ketentuan  judul)  dan  data  diri  guru  yang 
mencakup:  
  1. Nama  lengkap  guru  yang  mengajukan  proposal;  
  2. nama,  
  3. alamat  dan nomor  telepon  sekolah;  
  4. kabupaten/kota  dan  provinsi;  
  5. alamat  email  pribadi  dan 
  6. nomor HP aktif.


Puslitjakdikbud,  Balitbang,  Kemendikbud  akan  memberi dukungan  pendanaan penyusunan penulisan  hasil  PTK  kepada  guru seebsar pendanaan  yang  diberikan  kepada  guru yang telah ditetapkan  sebesar  Rp.8.000.000,00  (delapan  juta  rupiah)  kepada masing-masing peserta  yang dinyatakan  diterima. Jumlah  itu, BUKAN termasuk biaya perjalanan dalam rangka bimbingan teknis dan seminar.
Pencairan  dana bantuan akan diberikan bertahap. Tahap  pertama sebesar 60%  dari  jumlah keseluruhan  setelah  pelaksanaan  bimbingan  teknis.  Pencairan tahap  kedua  yang  merupakan sisanya  sebesar  40%  diberikan  setelah  penyerahan  laporan akhir.

Untuk konfirmasi dan klarifikasi lebih lanjut, dapat menghubungi  Tim Pengelola Program  PTK satuan pendidikan melalui email : ptkguru2016@gmail.com
Puslitjakdikbud Balitbang Kemendikbud
Gedung E, Lantai 19, Jalan Jenderal Sudirman-Senayan, Jakarta 10270
Tel. : (021) 579-00404,573-6365, 571-3827; Faks: (021) 579-00404,574-1664

Demikian informasi mengenai Dana Bantuan Penulisan PTK Guru SD, SMP, SMA dan SMK 2016, semoga bermnafaat.

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

2 komentar:

  1. semoga program ini berlanjut dan periodenya tidak / tahun , mungkin tiap semester agar peserta yg mengikuti semakin banyak

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz