Pemerintah Buka Lowongan 81 Ribu CPNS 2016, 10 Ribu Diantaranya untuk Pelamar Umum, Seleksi Dimulai Bulan Agustus 2016


Seleksi CPNS 2016 - Kementerian PAN RB akan membuka 10 ribu lowongan CPNS untuk pemamar umum bagi semua jurusan atau progdi pada tahun ini. Pemerintah pun mengajukan beberapa syarat bagi para pelamar umum yang ingin mendaftar sebagai CPNS.


Seleksi CPNS 2016

Menteri PANRB, Yuddy Chrisnandi  menjelaskan bahwa dari 81 ribu lowongan CPNS yang akan dibuka pada tahun ini, sejumlah 10 ribu diantaranya memang ditujukan bagi pelamar umum. Artinya, pemerintah memberikan  kesempatan bagi Sarjana lulusan studi apapun untuk mengikuti dan mendaftar seleksi CPNS.
Meskipun dibuka untuk semua jurusan, namun pemerintah tetap memprioritaskan perekrutan CPNS pelamar umum 2016 ini untuk bidang-bidang atau progdi yang selaras dengan program Nawa Cita Presiden Joko Widodo  Diantaranya adalah ahli pengairan, ahli pertanian, ahli tata kota, ahli konstruksi, ahli maritim, dan lainnya.
Seleksi CPNS 2016

Yuddy pun menjelaskan, ada beberapa syarat yang telah ditetapkan untuk pelamar umum mendaftar seleksi CPNS 2016. Syarat pertama yaitu sarjana berprestasi dari perguruan tinggi ternama, baik negeri maupun swasta dengan akreditasi A.  Syarat kedua, pelamar memperoleh IPK  cumm laude 3,75. 
Yuddy juga mengungkapkan bahwa persyaratan seleksi CPNS 2016 ini semakin selektif karena pemerintah mengharapkan untuk bisa mendapatkan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berkualitas baik dari sisi pengetahuan , integritas tinggi, maupun  dalam hal profesionaisme.
Yuddy bahkan menjamin pelaksanaan seleksi CPNS 2016 ini akan berjalan dengan bersih, artinya tidak ada lagi unsur KKN ( Korupsi, Kolusi dan Nepositme), bahkan tidak mungkin ada lagi intervensi. Test dilaksanakan dengan transparan dan pengawasan berlapis.

Penanggungjawab Panselnas berada di pihak Menteri PAN RB. Dengan begitu, proses rekrutmen CPNS harus sesuai dengan ketentuan UU  bersih dari praktik KKN, suap, dan intervensi.

Rincian Formasi CPNS 2016

Seleksi CPNS 2016
Menteri PAN RB Yuddy Chrisnandi mengungkapkan bahwa formasi kebutuhan PNS yang disodorkan oleh Kementerian/Lembaga jumlahnya mencapai 150 ribu orang. Namun, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) menyanggupi 81 ribu orang untuk penerimaan CPNS 2016 karena dengan berbagai pertimbangan.

Untuk PNS yang pensiun tahun ini, ada sejumlah 120 ribu orang. Selanjutnya, kebutuhan dari keseluruhan instansi mencapai jumlah 150 ribu orang. Tapi jumlah maksimum yang disetujui oleh Kemenkeu sebanyak 81 ribu orang, jadi tidak bisa semua dipenuhi karena alasan moratorium, anggaran yang terbatas, dan hanya untuk program prioritas Nawa Cita.

Pemerintah akan mengutamakan penerimaan CPNS bagi lulusan terbaik dari sekolah ikatan dinas pemerintah sebesar 11 ribu orang. Kemudian, kebutuhan penerimaan CPNS dalam bidang kesehatan,  diantaranya dokter, perawat dan bidan mencapai jumlah 43 ribu orang.
Adapula, penerimaan CPNS guru yang sudah menyandang gelar Sarjana dan berada di pulau-pulau terluar dan tertinggal (garis depan) mencapai jumlah 3.000 orang, serta pengangkatan guru honorer menjadi PNS di garis depan sejumlah 2.000 orang.

Sisa yang tersedia  ada sekitar 22 ribu kursi akan dialokasikan untuk instansi atau bidang yang sangat membutuhkan, seperti LIPI, BATAN, penyuluh pertanian.
Bahkan, Pak Amran (Menteri Pertanian) sudah minta jatah  formasi CPNS sebanyak 18 ribu orang, begitu juga dengan Kemenkumham minta formasi  21 ribu orang.
Demikian informasi mengenai seleksi CPNS 2016 yang akan dimulai pada bulan Agustus 2016.


Sumber:
Liputan6

Postingan terkait:

5 Tanggapan untuk "Pemerintah Buka Lowongan 81 Ribu CPNS 2016, 10 Ribu Diantaranya untuk Pelamar Umum, Seleksi Dimulai Bulan Agustus 2016"

  1. Waduh bagaimana sengan lulusan universitas terbuka? Kebanyakan dari UT itu IPK 2,0 karena umtuk mendapatkan IPK 3,0 itu sungguh sulit di UT..kami berharap bagi lulusan UT ada kebijakan khusus

    ReplyDelete
  2. Waduh bagaimana sengan lulusan universitas terbuka? Kebanyakan dari UT itu IPK 2,0 karena umtuk mendapatkan IPK 3,0 itu sungguh sulit di UT..kami berharap bagi lulusan UT ada kebijakan khusus

    ReplyDelete
  3. setuju sekali..agat lulusan UT diberikan aturan kushus karna di UT tuk memperoleh IP3,00 sangat dan sangat sulit....!!!

    ReplyDelete
  4. Betul sekali gimane nasib sarjana kami yg lulusan UT ne, sekarang ane kerja diinstansi pemerintahan, tdk ada harapan dong diangkat PNS, tlong pak jokowi jangan lupa kebijakanya untk kami...

    ReplyDelete
  5. wah lumayan persyaratannya,semoga saya bisa memenuhi kriteria itu,amin....

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.