Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Kisi-kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2017/2018

Artikel terkait : Kisi-kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2017/2018

Kisi-kisi USBN SD  - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menetapkan sebuah kebijakan baru mengenai ujian akhir pada jenjang sekolah dasar (SD) pada tahun 2018 ini. Kebijakan tersebut adalah adanya penerapan ujian sekolah berstandar nasional  atau ddisingkat USBN bagi para peserta didik kelas VI. USBN pada tingkat SD ini hanya akan mengujikan tiga mata pelajaran, yakni Bahasa Indonesia, Matematika, dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).
Kisi-kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2017/2018

Kepala Balitbang Kemendikbud, Totok Suprayitno menjelaskan bahwa sebelumnya, pada tahun 2017 yang lalu ada dua jenis ujian pada  jenjang SD dan Madrasah Ibtidaiyah (MI), yaitu US/M dan Ujian Sekolah. Kemudian tahun 2018  ini berubah menjadi USBN dan Ujian Sekolah. Lima mata pelajaran yang akan diujikan dalam Ujian Sekolah antara lain:
  1. Pendidikan Agama, 
  2. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan (PPKN), 
  3. Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), 
  4. Seni Budaya dan Keterampilan, dan 
  5. Penjaskes dan Olahraga.

Download Kisi-isi USBN SD 2017/2018

Untuk mendownoad kisi-kisi USBN SD 2017/ 2018 silahkan bapak/ ibu guru kunjungi situs resmi Kemdikbud pada alamat http://un.kemdikbud.go.id/ atau dengan klik langsung link
Tidak hanya kisi -kisi USBN SD 2017/ 2018 saja, didalam laman unduhan tersebut juga tersedia link untuk download kisi-kisi USBN jenjang SMP, SMA dan SMK.
Kisi-kisi USBN SD Tahun Pelajaran 2017/2018

Dengan adanya perubahan format ujian dari US/M menjadi USBN ini, maka otomatis berubah pula pola pembuatan naskah soal ujian. Sebelumnya, pada materi soal US/M, sejumlah 25 persen soal disiapkan oleh pihak Pusat sebagai soal jangkar (anchor), dan 75 %  soal disiapkan oleh guru dan dikoordinasikan dengan  Dinas Pendidikan Provinsi dan Kantor Wilayah Kementerian Agama. Nah, nantinya, pada USBN 2018 ini, sebesar 20 persen hingga 25 %  soal disiapkan oleh Pusat sebagai soal jangkar (anchor), dan 75 %  hingga 80 %  disiapkan oleh guru yang tergabung didalam kelompok kerja guru (KKG).

Dijelaskan juga bahwa untuk materi soal Ujian Sekolah, komposisi soal, 100 % disiapkan oleh sekolah dengan berdasarkan kisi-kisi dari pihak pusat. 

Totok juga mengatakan, bahwa soal untuk USBN SD juga akan menyertakan bentuk soal esai sebanyak 10 %  dari total soal. Hal ini berbeda dengan bentuk soal pada US/M yang berlaku pada tahun sebelumnya, di mana semua soal berbentuk pilihan ganda.

Kemudian untuk materi soal pada lima mata pelajaran pada Ujian Sekolah, soal-soal ujian akan dibuat oleh guru masing-masing sekolah. Meski begitu, Kemendikbud tetap akan mendorong guru-guru untuk menyusun soal Ujian Sekolah dengan kombinasi antara bentuk soal pilihan ganda dan esai. 

Secara teknis, untuk jenjang SD/MI yang sudah bisa menerapkan ujian dengan berbasis komputer, soal-soal yang berbentuk pilihan ganda akan dikerjakan dengan cara menggunakan komputer, baik untuk USBN maupun pada Ujian Sekolah. Kemudian soal yang bberbentuk esai akan dikerjakan siswa pada kertas esai (secara manual).
Demikian artikel mengenai Kisi-kisi USBN SD 2017/ 2018. Semoga bermanfaat.

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz