Insentif Guru Non PNS Sudah Cair, Transfer Langsung dari Kemdikbud

Insentif guru Non PNS - Kabar gembira ini semoga bermanfaat bagi guru honorer atau guru non PNS. Tahun 2016 ini Kemendikbud akan melakukan pencairan uang insentif. Direjn GTK Kemdikbud, Sumarna Surapranata mengatakan bahwa paling lambat rapel  uang insentif akan cair pada akhir bulan April.
Insentif guru Non PNS 2016

Insentif Guru non PNS Transfer Langsung Rekening

Berbeda dengan proses pencairan Tunjangan Profesi Guru (TPG), proses penyaluran dan pembayaran insentif guru non PNS ini dilakukan secara langsung dengan cara ditransfer dari Kemendikbud ke rekening setiap guru yang bersangkutan. 
Sedangkan untuk prose pencairan TPG, prosesnya adalah dana ditransfer dari pusat ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) lalu diteruskan ke Pemerintah Daerah (Pemda). Selanjutnya, dari pihak Pemda diteruskan kepada guru. 

"Untuk tahun 2016 ini pemerintah mengalokasikan insentif guru non PNS sejumlah  Rp 396 Milliar," ujar Pranata yang InfoKepegawaian  kutip dari JPNN (26/04/16).

Meski demikian, dikatakan juga oleh Pranata, pada tahun depan (2017 ), nilai anggaran untuk insentif guru non PNS dapat bertambah. Hal ini karena  jumlah guru non PNS yang cukup banyak. 

Menurut S. Pranata, kriteria guru yang memiliki hak untuk  menjadi menerima insentif adalah mereka yang sampai saat ini belum menerima TPG, memiliki masa kerja cukup lama, jumlah jam mengajar  ( JJM) memenuhi persyaratan dan lainnya.
Insentif guru Non PNS 2016

Khusus berbicara mengenai masa kerja, Pranata mengatakan bahwa itu tergantung dari Pemda sebagai instansi yang mengajukan nama guru. 
Tunjangan Profesi Guru (TPG) untuk triwulan 1 tahun 2016 telah di transfer dari pusat ke Kementerian Keuangan (Kemenkeu) dan diteruskan ke Pemerintah Daerah (Pemda), selanjutnya ditransfer ke rekening guru.
Baca Juga:

Alhamdullilah! TPG Triwulan Pertama ( Januari-Maret 2016) Akan Ditransfer ke Rekening Guru pada April 2016

Insentif guru non PNS diberikan bagi guru yang belum sertifikasi.

Syarat-syarat seorang guru berhak memperoleh insentif guru non PNS adalah guru tersebut beban mengajar minimal 24 jam. Pemberian ini didasarkan beban mengajar dan kelebihan mengajarnya sehingga setiap orang bisa menerima insentif guru non PNS dengan besar nominal berbeda jumlahnya. Oleh sebab itu dihimbau mohon jangan memberikan jam anda ke guru lain agar sama-sama menerima insentif guru non PNS karena akan diberlakukan batas minimal 24 jam per minggu.Disiapkan ada sekitar 100.000 kuota, jika yang memenuhi syarat sedikit itu artinya kita kelebihan guru.Perlu diketahui, tunjangan fungsional non PNS yang selama ini diterimakan untuk guru non PNS, berubah menjadi istilah Insentif Guru non PNS

Segera Lakukan Ini Jika TPG Belum Cair!

Berbicara mengenai pencairan TPG, Mendikbud Anies Baswedan mengatakan bahwa jika ada guru yang sampai saat ini belum menerima tunjangan untuk bulan Januari, Februari, dan Maret ini maka supaya melakukan kroscek di masing-masing pemda.

"Jika masih ada guru PNS belum menerima tunjangan maka guru harus menanyakan ke Pemda mengapa belum cair," kata Anies yang INFOKEPEGAWAIAN kutip dari JPNN (26/04/16).

Anies mengatakan bahwa kemacetan pencairan tunjangan guru bukan dari pihak kementrian. Menurutnya, ini tidak boleh dibiarkan, karena iini adalah hak guru. Karenanya jika ada guru yang belum menerima pihaknya akan turun ke lapangan.

Dirjen Guru dan Tenaga Kependidikan (GTK) Kemdikbud Sumarna Surapranata, menambahkan bahwa TPG untuk guru non PNS, sudah cair semenjak Maret lalu. Sementara, untuk guru PNS pencairannya di Pemda, dan bergantung kepada Pemdanya.

"Kalau dari kementerian keuangan anggarannya sudah dicairkan sejak Maret lalu, untuk penyalurannya tergantung Pemda. Menurut peraturannya dana ini disalurkan pada minggu pertama dan kedua," kata Sumarna. 

Postingan terkait:

45 Tanggapan untuk "Insentif Guru Non PNS Sudah Cair, Transfer Langsung dari Kemdikbud"

  1. 1. Owalah kok ndak pernah sinkron ya, ternyata daerah belum cairkan juga. 2. Perus kalao Non PNS apa sebenarnya kriteria yang dugunakan ?

    ReplyDelete
  2. Kalo rekening tunj.insentif dbuatkan pusat apa tdk..

    ReplyDelete
  3. Kalo rekening tunj.insentif dbuatkan pusat apa tdk..

    ReplyDelete
  4. udah bulan mei tapi tunjangan insentif guru sekabupaten belum juga cair,giman tanggapan nya pa?

    ReplyDelete
  5. sampai tanggal 1 mei tunjangan belum cair ,tapi saya akan tetap menunggu dg setia ,semoga minggu ini ,saya berharap semoga untuk jam ipa dan biologi kodenya sama ,sehingga ipa saya diakui jamnya

    ReplyDelete
  6. sampai tanggal 1 mei tunjangan belum cair ,tapi saya akan tetap menunggu dg setia ,semoga minggu ini ,saya berharap semoga untuk jam ipa dan biologi kodenya sama ,sehingga ipa saya diakui jamnya

    ReplyDelete
  7. katanya bulan maret sudah ditransfer oleh kemendikbud, tapi kok sudah tanggal 3 mei belum juga masuk ke rekening. kemana dulu uangnya!

    ReplyDelete
  8. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  9. Pertengahan April lalu saya mendapat telpon dari BJB, disuruh mengaktifkan Rekening di BJB yang sudah dibuatkan dari sana sambil mengumpulkan persyaratan buat pencairan Tujangan Fungsional, kenapa sampai sekarang belum cair juga???

    ReplyDelete
  10. mf kalo mhon info yg diberikan akurat,
    jadi lbh profersional dan berucap dan betindak, jgn akhir april cair..
    mf makin tahun jd tak sesuai jadwal penerbitan SK tunjangan. mf kalau salah mhon lebih akurat infonya sperti beberapa tahun sebelum nya hampir tak meleset dari jadwal.makasi

    ReplyDelete
  11. semua berita tentang insentif guru non pns/ GTT, ujung-ujungnya cuma sebuah harapan....

    ReplyDelete
  12. Sudah akhir bulan Mei tapi ko belum cair juga,,,gimana doong

    ReplyDelete
  13. Katanya akhir bulan april sekarang udah bulan juni tap ko belum cair juga ya.. kira kira uangnya singgah di mana duli ni.. PHP ah...

    ReplyDelete
  14. Katanya akhir bulan april sekarang udah bulan juni tap ko belum cair juga ya.. kira kira uangnya singgah di mana duli ni.. PHP ah...

    ReplyDelete
  15. Saya n kawan2 di SMP Xaverius Pagaralam,belum menerima tunjgan sertfkasi tw 1 2016. Pdhal SKTP sdh terbit. Apa solusinya pak Menteri...

    ReplyDelete
  16. lapor pak menteri, guru-guru non PNS kab. malang sampai saat ini terhitung mulai januari--Juni 2016, belum ada dapt pencairan tunjangan,,,dan sekarang mulai resah,,koq ga lancar spti tahun lalu? kasihan mereka pak,, mana gaji bulanan mereka tak lebih dari 500rb,, lebaran sebentar lagi,, apa bapak tega lihat mereka cuman gigit jari,,,sambil ngelus dada?.......rasanya sudah cukup sabar mereka menunggu dan bertanya ke disbud di pemda,,

    ReplyDelete
  17. Ya belum ada info lanjutan dari dinas kota pasuruan mengenai insentif 2016 ini

    ReplyDelete
  18. Tfg gtt wilayah gresik 3 tahun ga cair

    ReplyDelete
  19. Tfg gtt wilayah gresik 3 tahun ga cair

    ReplyDelete
  20. Tfg gtt wilayah gresik 3 tahun ga cair

    ReplyDelete
  21. ngawi gmn? katanya gak bisa dicairkan, kenapa?

    ReplyDelete
  22. untuk kabupaten ngawi kenapa belum bisa cair.. mohon tanggapanya

    ReplyDelete
  23. Saya sk tunjangannya keluar,tpi no rekeningnya terclosing oleh bank,.....jadi uangnya..melayang entah kemana,....sejak 4 mgu lalu sampai skrng ,tak ada kabr.nth kan dicairkan...atau diam...diam saja,tp sya ikhlas...mdh2an...Allah menggantinya dengan yang lbih baik

    ReplyDelete
    Replies
    1. No.rekeningnya buat sendiri apa dibuatkan dari pusat

      Delete
  24. Saya sk sudah ada dan no rek juga sudah ada, tapi tpg cw_1 saja sampai saat ini blm cair. Bagaimana ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rekeningnya dibuatkan pusat apa kita buka sendiri??

      Delete
    2. Dibuatkan langsung dr kemendikbud mba

      Delete
    3. Dibuatkan langsung dr kemendikbud mba

      Delete
  25. Replies
    1. Cek di dinas pendidikan setempat mba...

      Delete
    2. Cek di dinas pendidikan setempat mba...

      Delete
  26. Tlg pak di daerah tuban tf nya hingga sekarang blm cair. Mhn konfirmasinya

    ReplyDelete
  27. Walau lebaran udh lewat...tufung ttp dtunggu...krn ank perlu utk keperluan sekolah....tolong segera cairkan

    ReplyDelete
  28. saya sudah buka rek di bjb sudah sebagian teman teman saya yang sudah cair tapi ada juga yang belum cair saya dan beberapa teman saya.... koq bisa ya cairnya g bareng.... di mna letak kesalahanya..... sudah cek berkali kali tapi tetap saja masih belum cair,,,,

    ReplyDelete
  29. Tolong lah di kebumen juga di sama.., gag ada kejelasan..., dari kekurangan pembyaran tpg tahun lalu sampai sekarang blas gag ada kabarnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik operator sekolah maupun dikporanya gag ada penjelasan..., jawabnya cuma tunggu saja dari pusat...

      Delete
  30. katanya April 2016 sda cair tapi sampai saat ini ko saldo sepi kena PHP kah

    ReplyDelete
  31. Yang enak PNS Non PNS kasihan tuuuu, pak menteri di kemanakan lagi kami yang nota bene Honorer SK Inpasing pun kami tidak tahu jelas tolong beri petunjuk untuk kami ......... apakah kami terdaftar atau tidak trima kasih

    ReplyDelete
  32. Saya alhamdulillah dapat tunjangan insentif,rekeningnya dibuatkan dari pusat,tinggal datang ke bjb bawa persyaratannya NUPTK SO8.sk awal,sama surat tugas mengajar.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Alhamdulillah... sama mba sy jg sdh bisa dicairkan

      Delete
  33. Ass......Saya guru Non PNS, dari tahun 2016 sudah dapat SKPT tapi sertifikasi-nya ko belum cair juga ya.... lapor ke dinas pendidikan setempat sudah tapi sampai ini juga belum turun.

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.