Cara Instal dan Sinkron Raport Kurikulum 2013?
Aplikasi Rapor dapat dipergunakan untuk menampung kompetensi dasar dan indikator yang diorganisasikan per sub tema, per tema dan per kelas. Sebagai data awal, aplikasi ini sudah dilengkapi dengan kompentensi dasar dan indikator sebagaimana tercantum pada buku guru. Apabila diperlukan, guru dapat menambahkan kompentensi dasar dan atau
indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran. Apabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak diperlukan lagi, dapat dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.
indikator yang diperlukan untuk memperkaya pembelajaran. Apabila kompentensi dasar atau indikator yang ditambahkan tersebut tidak diperlukan lagi, dapat dihapus dari daftar kompentensi. Guru tidak dapat menghapus kompentensi dasar yang telah disiapkan sebagai data awal aplikasi ini.
Aplikasi Rapor menampung nilai hasil proses pembelajaran. Nilai yang ditampung oleh aplikasi Rapor ini adalah nilai untuk indikator pada tiap kompetensi dasar. Aplikasi Rapor akan mengolah nilai indikator menjadi nilai kompetensi dasar. Aplikasi Rapor akan menyeleksi kompetensi dasar yang menonjol positif dan negatif untuk tiap siswa. Aplikasi Rapor akan mencetak deskripsi kompentensi dasar sesuai hasil butir 4. Sebelum dijalankan, aplikasi ini harus disinkronkan terlebih dahulu dengan dapodik untuk pengisian data sekolah, pendidik dan tenaga kependidikan (ptk), rombel dan siswa.
Aplikasi dapat di unduh di http://ditpsd.dikdas.kemdikbud.go.id
Pengguna dari Aplikasi ini adalah Guru Wali Kelas yang telah memiliki NUPTK. Pada saat aplikasi diinstal, maka sistem secara otomatis membaca database dapodik dan memasukan NUPTK yang ada pada daftar PTK di sekolah sebagai nama pengguna nya.
Password untuk pertama kali diset sama dengan NUPTK. Sehingga guru -guru sebagai
Password untuk pertama kali diset sama dengan NUPTK. Sehingga guru -guru sebagai
Pengguna Aplikasi ini Diwajibkan untuk mengubah Password masing-masing melalui fasilitas yang disediakan. Untuk memulai menggunakan Aplikasi langkah-langkah yang dilakukan adalah sebagai berikut:
Semoga artikel tentang Cara Menggunakan Raport SD Kurikulum 2013 bermanfaat untuk semua guru. Salam satu data
- Klik 2 kali pada icon Aplikasi Rapor SD.
- Selanjutnya pada layar akan muncul halaman login dari aplikasi sebagai berikut :
- Isi Nama Pengguna dengan NUPTK
- Isi Password pengguna. Password pengguna diset secara otomatis sama dengan
Nama Pengguna (NUPTK). Sehingga pengguna diwajibkan untuk mengganti password setelah login berhasil. - Pilih Tahun Ajaran dan Semester dimana nilai akan diisi.
- Jika Pengguna berhasil login, maka akan ditampilkan halaman Selamat Datang
seperti berikut: - Pada halaman tersebut, Pengguna dapat mengakses Manuan/Petunjuk Penggunaan Aplikasi, caranya klik tombol Manual Penggunaan Aplikasi.
- Pada halaman tersebut juga disampaikan Call Center Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SD yang diperuntukkan bagi saran komunikasi antara
Pengguna (Sekolah) dengan Pihak Subdit Pembelajaran Direktorat Pembinaan SD sebagai pengelola aplikasi ini.
Semoga artikel tentang Cara Menggunakan Raport SD Kurikulum 2013 bermanfaat untuk semua guru. Salam satu data