Tanya Jawab Solusi Permasalahan pada Pendaftaran CPNS 2014 secara Online
Pendaftaran CPNS 2014 secara online menimbulkan beberapa masalah terutama dari segi teknis. Hal ini, wajar, karena merupakan hal baru dan tidak semua calon pelamar terjangkau koneksi internet.
Permasalahan diantaranya salah input data, belum dapat email konfirmasi dan sebagainya.
Dibawah ini saya tulis tanya jawab seputar permasalah pada tahap pendaftaran CPNS 2014.
Permasalahan diantaranya salah input data, belum dapat email konfirmasi dan sebagainya.
Dibawah ini saya tulis tanya jawab seputar permasalah pada tahap pendaftaran CPNS 2014.
A. Formasi
1. Mengapa formasi pada beberapa instansi baik pusat maupun daerah belum dapat diklik/dilihat pada portal panselnas?
- Formasi
belum dapat diklik/dilihat karena masih dalam proses validasi dan
verifikasi dari tim panselnas sehingga belum dapat dipublikasikan. Jika
proses validasi dan verifikasi telah selesai, formasi akan langsung
diinput ke dalam sistem dan pelamar dapat langsung melihatnya.
2. Apakah ada formasi untuk SMA atau SMK?
-
Formasi untuk SMA atau SMK memang tersedia namun hanya instansi
tertentu saja, silahkan menggunakan mode “cari” yang terdapat dalam
halaman Formasi CPNS 2014.
3. Apakah yang dimaksud dengan ‘kualifikasi pendidikan S.1 semua jurusan’?
- Jabatan
dengan kualifikasi pendidikan S1 semua jurusan berarti untuk jabatan
tersebut dapat dilamar oleh semua jurusan dari jenjang pendidikan S1.
B. Pendaftaran
1. Bagaimana cara melakukan pendaftaran CPNS online?
- Silahkan masuk ke panselnas.menpan.go.id
Formasi CPNS 2014 pilih instansi yang dituju isi Formulir
Registrasi/ www.regpanselnas.menpan.go.id (ada di paling bawah dari
halaman instansi) klik submit. Setelah itu, pelamar akan
mendapatkan email konfirmasi yang berisi username dan password yang bisa
digunakan untuk registrasi ke instansi yang dituju.
- Pengisian
username dan password pada instansi yang dituju dapat dilakukan minimal
1x24 jam setelah pengisian formulir registrasi.
2. Bagaimana jika pelamar tidak menerima email konfirmasi setelah melakukan pengisian formulir registrasi?
- Pelamar
yang belum menerima email konfirmasi dapat langsung login ke instansi
yang dituju minimal 1X24 jam setelah pengisian formulir registrasi.
- Login
ke instansi yang dituju menggunakan username yakni “NIK” dan password
yang sama seperti saat pelamar melakukan input saat pengisian formulir
registrasi. (2)*
- Email
akan tetap dikirimkan, pelamar dimohon untuk bersabar. Jika email
notifikasi dari Panselnas tidak terkirim pelamar dapat menggunakan cara
seperti pada langkah poin kedua di atas.*
3. Apakah pendaftaran harus menggunakan e-KTP?
- Pelamar dapat menggunakan KTP atau e-KTP yang berlaku, yang terpenting mereka memiliki NIK.
4. Bagaimana jika saat pelamar mengisi data diri di registrasi panselnas tertulis NIK telah terpakai?
- Pelamar dapat mengirimkan email kepada tim panselnas dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK.
Di dalam email tersebut mohon dicantumkan identitas pelamar yang
terdapat dalam KTP, kemudian dilampirkan pula scan KTP dan scan
ijazah/akta kelahiran. Tim panselnas akan segera menindaklanjuti
permasalahan tersebut.
5.
Bagaimana jika saat pelamar melakukan registrasi di portal
sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi tertulis username tidak
ditemukan?
- Untuk
dapat login ke portal sscn.bkn.go.id atau portal mandiri instansi,
pelamar harus menunggu setidaknya 1x24 jam setelah registrasi di portal
panselnas. Jika setelah 1x24 jam masih tidak dapat login, maka silahkan
mengirimkan email dengan subjek Pengaduan Permasalahan NIK, serta mengisikan kembali data sesuai dengan arahan pada running text portal Panselnas.
6. Mengapa saat melakukan registrasi di portal pansenas tidak ada pilihan instansi yang dituju dalam daftar?
- Jika
saat pengisian formulir registrasi, pelamar tidak menemukan instansi
yang dituju berarti instansi tersebut belum membuka pendaftaran (masih
dalam proses). Silahkan selalu melakukan pengecekan pada status dan
jadwal di portal panselnas.
7. Kapan dan berapa lama instansi membuka pendaftaran?
- Untuk mengetahui jadwal pendaftaran, pelamar dapat melihat menu status dan jadwal. Pendaftaran pada sebuah instansi akan dibuka selama 14 hari terhitung mulai tanggal dibuka di portal panselnas.
8. Bagaimana jika pelamar salah melakukan input data saat melakukan registrasi di portal panselnas?
- Data yang telah diinput tidak dapat diubah kembali, untuk itu peserta harus super hati-hati dalam pengisian data.
9. Apakah pelamar dapat membatalkan registrasi pada portal panselnas?
- Pelamar tidak dapat membatalkan registrasi pada portal panselnas.
C. Pelaksanaan
1. Jika lokasi pelamar berada di daerah, apakah tes harus dilakukan di Jakarta?
- Untuk
pelamar dari daerah yang ingin mendaftar di instansi pusat yang tidak
memiki kantor wilayah, tes tidak harus dilakukan di Jakarta. Pelamar
dapat melakukan tes di Provinsi di bawah koordinasi Regional BKD.
2. Apakah dapat menggunakan SKL jika pelamar belum memiliki ijazah?
- Pelamar tidak diperkenankan menggunakan SKL ketika melakukan pendaftaran.
3. Berapa skor TOEFL yang disyaratkan untuk melakukan pendaftaran?
- Standar skor TOEFL ditetapkan oleh masing-masing instansi.
4. Apa saja materi yang diteskan dalam tes TKD menggunakan CAT?
-
Materi dalam CAT terbagi menjadi tiga yakni Tes Wawasan Kebangsaan
(TWK), Tes Intelegensi Umum (TIU), dan Tes Karakteristik Kepribadian
(TKP). Soal dalam tes CAT sebanyak 100 soal yang harus dikerjakan dalam
90 menit. Hasil dari tes CAT dapat langsung diketahui peserta setelah
tes selesai.
- Disamping tes TKD, instansi dapat melaksanakan tes TKB berdasarkan kebutuhan jabatan dan organisasi.
0 komentar:
Post a Comment
Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.