Info Kepegawaian

Informasi CPNS dan Kepegawaian Dari Sumber Terpercaya

Download dan Cara Instal Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 Tahun 2016

Artikel terkait : Download dan Cara Instal Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 Tahun 2016

Proses pendataan Dapodik ( Data Pokok Pendidikan Dasar) semester 2 tahun pelajaran 2015/2016 ini akan dilakukan melalui aplikasi Dapodik versi terbaru, yaitu Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0.

Tampilan Aplikasi Dapodikdas 4.1.0

Didalam aplikasi Dapodik versi 4.1.0 ini ada beberapa perbaikan dan pembaharuan didalam data PTK, Sarpras, Sekolah dan Peserta Didik. Style dan Interface aplikasi generasi ke-4 yang sebelumnya tetap dipertahankan dengan tambahan beberapa modifikasi yang bertujuan untuk memberi pengalaman dan kenyamana pengguna.
Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0
Tampilan Dapodikdas 4.1.0
Aplikasi Dapodikdas 4.0.1 ini dirilis dalam bentuk instaler, hal ini dikarenakan ada perubahan dan penambahan struktur databasenya. Pengguna harus melakukan unsintal Aplikasi Dapodikdas versi sebelumnya.

 Download Installer Dapodikdas 4.1.0 ( disini )

Cara Instal Aplikasi Dapodikdas 4.1.0

Aplikasi Dapodikdas untuk semester genap biasanya disajikan dalam bentuk pacth atau instaler. Dan untuk aplikasi versi 4.1.0 ini risajikan dalam bentuk instaler, hal ini dikarenakan adanya penyesuaian struktur databasenya.
Maka dari itu, OPS yang akan melakukan instal aplikasi Dapodikdas 4.1.0 maka harus membuang/ unsintal aplikasi dapodikdas versi lama ( 4.0.2)
Link alternatif donwload Dapodikdas 4.1.0 semoga bermanfaat.

Langkah-langkah instal aplikasi Dapodikdas 4.1.0

Berikut cara melakukan instalasi aplikasi Dapodikdas 410 ini:
  1. Lakukan unsintal pada aplikasi dapodikdas versi terdahulu pada komputer anda ( Versi 4.0.3) dengan cara Start --> Control Panel-->Program-->uninstal a program ---> Dapodikdas klik kanan ----> Uninstal
    Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0
  2. Tunggu sampai proses unsintal selesai.
  3. Lakukan generate prefill Dapodik, lalu letakkan hasil unduhan prefill pada data C/ prefill_dapodik. Berikut link alternatif generate prefill Dapodikdas http://118.98.166.54/prefill_dikdas/generate_prefill.php http://118.98.166.54:8012/prefill_dikd…/generate_prefill.php
    http://118.98.166.54:8011/prefill_dikd…/generate_prefill.php 
  4. Buka aplikasi Dapodikdas 4.1.0, lalu jalankan ( klik 2 x). Tunggu sampai proses instalasi selesai.
  5. Lakukan registrasi dengan klik tombol registrasi, masukkan identitas dan kode registrasi. Jika proses registrasi selesai, bapak/ibu OPS bisa melakukan login ke aplikasi.
Berikut ini skema atau alur dalam melakukan instalasi Dapodikdas 4.1.0.
Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0

Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0

Lalu bagaimana dengan data-data lama pada aplikasi versi lama? Apakah akan hilang?

Bapak/ibu tidak perlu khawatir, karena data sekolah yang sudah dikirim ke server ( dengan sinkronisasi) tidak akan hilang dan dapat dipindahkan ke aplikasi baru ini dengan cara melakukan generate prefill.
Yang perlu diperhatikan, OPS yang ingin login ke aplikasi, maka OPS harus melakukan registrasi terlebih dahulu. 
Dianjurkan, alamat email yang digunakan sama dengan email registrasi sebelumnya karena email tersebut bisa digunakan sebagai akun single sign on ( SSO) untuk masuk ke dalam aplikasi-aplikasi Dapodik yang lain.

Beberapa permasalahan dan ketentuan validasi pada Aplikasi Dapodikdas 4.1.0

1. Nama Peserta Didik Kosong atau tanpa hurup vocal


  • Cek nama  Peserta  didik  pada tabel  utama  pada  aplikasi  dapodik  bila ditemukan nama yang tidak sesuai segera lakukan editing data
  • Setelah selesai segera lakukan sinkronisasi agar data pada server berubah.

2. Nama Pesrta Didik dengan tanda baca/ symbol


  • Cek  ulang nama  Peserta  didik pada tabel  utama  pada  aplikasi  dapodik  bila ditemukan nama yang ada tanda baca atau simbolnya maka lakukan editing data
  • Setelah selesai segera lakukan sinkronisasi agar data di server berubah.

3. Belum pernah sinkron


  • Sekolah  belum  pernah  melakukan  sinkronisasi  atau  pengiriman  data   ke server, sehingga data server kosong.

4. Belum sinkron 20142


  • Login aplikasi  dapodik  pilih  periode  Genap  2014/2015  cek  data-data lalu klik validasi dan lakukan sinkronisasi.

5. Sinkron terakhir = 20132


  • Sekolah  terkahir  melakukan  sinkronisasi  pada  periode  genap  2013/2014, lakukan  updateing aplikasi  dapodik,  cek  datanya  dan  lakukan  sinkronisasi  agar validasinya hilang.

6. Sinkron terakhir < 20132


  • Sekolah  terkahir  melakukan  sinkronisasi  pada  periode  ganjil  2013/2014, lakukan  updating  aplikasi  dapodik,  cek  datanya  dan  lakukan  sinkronisasi agar validasinya hilang.

7. Rombel tanpa wali kelas


  • Login  ke  aplikasi  dapodik  lalu klik  rombongan  belajar  cek  setiap  rombel  bila ditemukan  rombel  tanpa  wali  kelas maka  silahkan  edit,  setelah  selesai  sinkronkan datanya.

8. Bukan pelaksana Kurikulum 2013 atau pilihan kurikulm salah


  • Sekolah  bukan pelaksana  kurikulum  2013  akan  tetap  memilih kurikul 2013, maka sekolah harus mengubah kurikulum yang digunakan pada aplikasi dapodik dengan mengubahnya ke Kurkulum KTSP.

9. Status honor mengisi pangkat dan golongan


  • Masuk aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilihlah PTK honorer yang terdeteksi memiliki pangkat  atau  golongan  klik  ubah  cek  di  tabel  Riwayat  Kepangkatan bila terisi silahkan hapus datanya.
  • Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.

10. PNS pangkat dan golongan kosong


  • Masuk aplikasi  dapodik  lalu pilih  tabel  PTK,  pilih  PTK  PNS  yang  terdeteksi pangkat dan golongan kosong klik menu ubah cek di tabel Riwayat Kepangkatannya lengkapilah  data  kepangkatannya  sesuai  dengan  SK  Kepangkatan  yang  dimiliki PTK tersebut.
  • Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.

11. PNS NIP kosong


  • Masuk aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilihlah PTK PNS yang terdeteksi NIP kosong klik ubah cek data PTK  pada kepegawaian lalu cek NIP lengkapi data NIP sesuai dengan data yang dimiliki oleh PTK tersebut.
  • Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.

12. Nama PTK Kosong atau tanpa hurup vocal


  • Cek  kembali  nama  PTK  di  tabel  utama  pada  aplikasi  dapodik  bila  ditemukan nama yang tidak sesuai lakukan editing data
  • Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik berubah.

13. Nama PTK dengan tanda baca atau symbol


  • Cek  kembali  nama  PTK  di  tabel  utama  padaaplikasi  dapodik  bila  ditemukan  nama yang ada tanda baca atau simbolnya lakukan editing data
  • Setelah selesai lakukan sinkronisasi agar data di server dapodik berubah.


14. Usia PTK tidak wajar


  • Masuk aplikasi dapodik pilih tabel PTK, pilih PTK yang terdeteksi memiliki  umur/usia  tidak  wajar,  klik  ubah  cek  data  PTK    pada  data  tanggal  lahirnya  ubah  tanggal lahirnya di aplikasi dapodik lengkapi datanya sesuai dengan data yang  dimiliki oleh PTK tersebut.
  • Lakukan sinkronisasi agar data perubahannya terkirim ke server dapodikas.


15. Kepsek belum dipilih


  • Bila pada beranda aplikasi Dapodik terdeteksi Kepsek belum dipilih maka seegera cek  ditabel  PTK lalu klik  nama PTK  yang  menjabat  sebagai  kepala  sekolah  lalu  cek tugas tambahan PTK tersebut bila masih kosong silahkan isi sesuai dengan SK kepala sekolahnya.
  • Bila  tugas  tambahan  sudah  terisi  tapi  masih  tervalidasi  cek  diisian  table  tugas tambahan pada kolom ‘TST’ bila terisi  artinya terhitung  selesai  tugas berarti sudah tidak menjabat sebagai kepala sekolah maka hapus TST tersebut setelah itu lakukan refresh / tekan ctrl+f5 lalu cek diberanda.

16. Kepsek Ganda


  • Bila  pada  beranda  aplikasi  dapodik  terdeteksi  adanya Kepsek  terhitung  lebih  dari  1 berarti ada 2 PTK yang memiliki tugas tambahan sebagai kepala sekolah,  untuk menghilangkannya  buka  tabel PTK  klik  nama  PTK  yang  sudah  tidak menjabat  kembali sebagai  Kepala  sekolah,  klik  ubah cek  di  data  priodik  lalu klik  tugas  tambahan  klik  TST Tugas  tambahan  dan  isi  setelah  itu setelah  itu refresh / tekan ctrl+f5 Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.


17. Jumlah Kepala Lab lebih dari yang telah ditentukan


  • Bila sekolah terdeteksi  Jumlah  Kepala Lab  lebih  dari  yang  telah  ditentukan berarti terdapat lebih  dari  1  PTK  yang  memiliki  tugas  tambahan  sebagai kepala  Lab,  untuk menghilangkannya buka  tabel  PTK  klik  nama  PTK  yang sudah  tidak  menjabat  kembali sebagai  Kepala  Lab,  klik ubah  cek  di  data priodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan dan isi setelah itu setelah  itu  refresh  /  tekan  ctrl+f5. Setelah  diperbaiki  silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

18. Jumlah Kepala perpus lebih dari yang telah ditentukan


  • Bila sekolah terdeteksi  Jumlah  Kepala Perpustakaan lebih  dari  yang  telah ditentukan berarti terdapat  lebih  dari  1  PTK  yang  memiliki  tugas  tambahan sebagai  kepala  Perpustakaan, untuk  menghilangkannya  buka  tabel  PTK  klik nama PTK yang sudah tidak menjabat kembali sebagai Kepala Perpustakaan, klik ubah cek di data periodik lalu klik tugas tambahan klik TST Tugas tambahan dan  isi  setelah  itu setelah  itu  refresh  /  tekan  ctrl+f5. Setelah  diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi

19. Nama sekolah sama di satu kecamatan


  • Berarti  ada  lebih  dari  1  nama  sekolah  yang  sama  maka  untuk  merubahnya hubungi  dinas  kab/kota  setempat  atau  menghubungi  cs  pusat  agar  dirubah sesuai dengan kondisi disekolah. Setelah diperbaiki silahkan sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

20. Bentuk pendidikan salah


  • Bila  terdeteksi  bentuk  pendidikan  salah  hubungi  dinas  kabupaten/kota  setempat atau  menghubungi  cs  pusat  agar  dirubah  sesuai  dengan  kondisi  di sekolah. Setelah  diperbaiki  silahkan lakukan sinkronisasi  agar  data  yang  telah  dirubah  dapat turun ke aplikasi.


21. NPSN ganda


  • Bila NPSN terdeteksi ganda artinya dalam 1 kecamatan ada 2 sekolah memakai NPSN  yang sama  maka  segera  hubungi  dinas  kabupaten/kota  untuk  diperbaiki setelah itu lakukan sync untuk data perubahannya.

22. Status sekolah salah


  • Bila  terdeteksi  status  sekolah  salah  hubungi  dinas  kab/kota  setempat  atau menghubungi cs pusat agar dirubah sesuai dengan kondisi di sekolah. Setelah diperbaiki silahkan di sinkronisasi agar data yang telah dirubah dapat turun ke aplikasi.

23. Indikasi sekolah tutup atau merger


  • Bila sekolah terdeteksi tutup atau merger tapi dilapangan masih aktif segera hubungi  dinas kab/kota  setempat  atau  menghubungi  cs  pusat  agar  dirubah sesuai dengan kondisi disekolah.

24. Nomor rekening BOS kosong


  • Login ke Aplikasi dapodik cek ditabel sekolah apakah sudah terisi atau belum nomor  rekeningnya,  bila  sudah  diperbaiki  dan  disinkronkan  tapi  hasilnya  diaplikasi masih belum terisi maka lakukan langkah beriku
  • Lakukan generate ulang  prefill yang  baru,  registrasikan  dengan  prefill baru  tersebut dengan username dan password berbeda atau sama (tidak masalah);
  • Lalu cek kembali ditabel sekolahnya dan diisi nomor rekening BOS nya.


25. Rombel ganda (Tingkat dan Nama rombel sama)


  • Lakukan  generate ulang prefill yang  baru,  registrasikan  dengan  prefill baru  tersebut dengan username dan passwordb erbeda atau sama (tidak masalah);
  • Periksa Rombel, maka akan tampak Rombel yang  ganda tersebut;
  • Keluarkan  anggota  Rombel,  hapus  pembelajaran, kemudian Rombel dapat dihapus.


Link Download Aplikasi Dapodikdas 4.1.0

Berikut ini beberapa link download Dapodikdas 4.1.0:

Aplikasi Dapodik

Installer Dapodikdas 4.1.0 ( disini )

Data Prefill

Prefill Dapodikdas ( disini )
Download dan Cara Instal Aplikasi Dapodikdas versi 4.1.0 Tahun 2016

Formulir Cetak

Formulir Sekolah ( disini )
Formulir Rombongan Belajar ( disini )
Formulir Peserta Didik ( disini )
Formulit PTK ( disini )
Formulir Sarpras ( disini )

Panduan

Manual Aplikasi 4.1.0 ( disini )
FAQ 4.1.0 (disini )
Surat Edaran Dirjen (disini)

Video Tutorial

Tutorial Aplikasi ( disini )

Diharapkan, sekolah dapat melakkan pemuthakiran data semester 2 in dan mengirimkan ke pusat paling lambat 29 Februari 2016.

Artikel Info Kepegawaian Lainnya :

1 komentar:

  1. Link download master installer dapodiknya udh off gk bs download kang....

    ReplyDelete

Silahkan berkomentar sesuai posting, kami ijinkan menanam satu link aktif, dengan syarat, berkomentar dengan santun dan tidak ada unsur fitnah.

Copyright © 2015 Info Kepegawaian | Design by Bamz